Perubahan

Image result for gambar perubahan hidup

25 Maret 2018

Berubah. Proses menuju ke A dan ke B, atau sebaliknya. Yah... pokoknya banyak macemnya. Pasti banyak dong di antara kita, bahkan saya sendiri yang berubah? Namun yang jadi permasalahan ialah perubahan baik atau burukkah yang terjadi.

Perubahan... siapa sih yang ga pengenin perubahan walau sekecil apapun di hidupnya? Ga mungkin orang bakal diem aja (baca: statis), gitu-gitu aja di hidupnya? Paling enggak ada kek satu yang berubah, masa iya kagak ada? Apa kek gitu?

Kadang-kadang orang juga suka kaget ngeliat orang lain berubah. Siapapun itu. Balik lagi ke atas, perubahan yang baik atau buruk? Syukur kalo perubahan baik, kalo perubahan buruk? Ngelus dada.

Contoh kasus, si A dulu keblinger banget dah tu dia. Hobinya ngayap mulu. Nakal dah pokoknya. Emaknya nyuruh beli toge eh jia malah ngopi ke warung sebelah sambil godain bocah yang lagi lewat. "Eh bocah, diem-diem bae, ngopi ngapa ngopi?!" Terus si bocah nangis karena kaget.

Eh, dua bulan kemudian... dia berubah. Alim bet dah jadinya. Kagak shubuh, pokoknya shalat lima waktu ke masjid mulu. Shaf pertama lagi. Tapi hobinya godain bocah kagak ilang jugha. Kali ini si bocah dikasih permen sama sesekali dikasih kerlipan nakal (eak) sama si A.

Kasus kedua, si C. Dulu orang sangka dia baik. Rajin menabung dan tidak shombong. Baek dah pokoknya.
Ga lama kemudian dia berubah. Sekarang hobinya malakin duit adek kelas, suka party, minum alkohol, drugs, dan free sex. Lho kok bisa?

Perubahan yang melatarbelakangi seseorang banyak sekali motifnya. Jangan lupa... penyebabnya ialah lingkungan yang ngebentuk dia dan... teman. Sekali rusak dan kebawa, ancur udah.

Kira-kira... kenapa si A dan C berubah? Yakni jawabannya karena kedua orangtua A dan C meninggal (permisalan aja loh ini ya). Oke, penyebabnya udah sama, sekarang kenapa hasilnya jadi beda?

Ada dua kemungkinan, Satu, si A nerima keadaan, kedua, si C nyalahin keadaan.
Emang sih, sulit bangettt nerima kenyataan kalo orang yang kita sayang udah gaada, gak nemenin kita lagi. Tapi... dengan nyalahin keadaan enggak akan nyelesain apapun. Justru masalah jadi makin rumit.

Jujur, gue benci banget sama orang yang suka nyalahin keadaan (ini termasuk gue lho, ya, kadang). Kaya hidup gak bisa ngapa-ngapain aja. Apa aja disalahin.

Ketika udah sampe di titik lelah dengan nyalahin keadaan, si C pasti akan bilang, "Gue begini karena keadaan."

SURE? NOT! Keadaan gak membentuk kepribadian, tapi tergantung gimana nyikapin permasalahan dan pada akhirnya kepribadian yang terbentuk karena suka nyalahin keadaan.

Si A bisa aja berubah. Karena apa? Karena dia nerima keadaan dan sadar bahwa engga selamanya orangtuanya nemenin dia. Dia sadar, terus instropeksi diri karena ga akan selamanya dia bandel dan paham bahwa doa anak yang sholeh diijabah sama Allah.

Dunia emang berubah, tapi kita ga boleh berubah gitu aja semau kehendak dunia.


Ketika lo udah ngelakuin kemaksiatan, ibaratnya kaya ada satu titik hitam di hati lo yang tadinya putih, terus nambah lagi, lagi dan lagi. Akhirnya menghitam semua. Buat mutihin lagi, bisa. Bisa banget, malah. Ada Allah. Allah Maha Pemaaf. Bahkan di saat kita udah sehina apapun itu... akankah Allah manggil kita dengan, "Wahai manusia hina?" Enggak. Allah enggak nyebut manusia kaya gitu. Allah manggil manusia dengan sebutan paling lembut dan paling halus, "Yaa Ibadii", "Wahai hambaKu yang telah melampaui batas atas dirinya."

Bukan sebutan, "Wahai orang dzalim," Engga, bukan, "Wahai orang yang telah melampaui batas pada dirinya." Halus, kan?

Betapa Maha Lembutnya Allah. Betapa Maha Pemaafnya Dia. Masa kamu gamau ngejar cintanya Allah lagi?  

Cepet kejar atuh, Allah lagi nunggu. Nunggu taubatnya kamu. HambaNya :) 






*Beberapa kalimat mengutip tausiyah Ustaz Hanan Attaki Lc.
 


Comments

Popular Posts