Tips Mencari Pasangan Bagi Wanita #1 - Pilih Ia yang Bertanggungjawab Pada Dirinya Sendiri

 Sesuai dengan judul di atas. Pilih laki-laki yang sudah mampu bertanggungjawab pada dirinya sendiri, jika ia belum bisa bertanggungjawab atas hajat kehidupan orang banyak.

Apa ciri laki-laki yang udah bisa bertanggungjawab atas dirinya sendiri? Jawabannya mudah. Pilih ia yang enggak ikut-ikutan untuk ngerusak diri sendiri tatkala cowo di luar sana bangga flexing tentang kemaksiatan.

Kamu pasti pernah denger omongan cowo yang dengan entengnya bilang, "Cowo mah kalo rusak buat dirinya sendiri, ya cewe kalo rusak 'kan bisa ngerusak satu generasi." Wkwk. Sounds familiar, right?

Ciri pertama udah approve, cerna kalimatnya. Dia aja enggak sayang diri sendiri, apalagi kamu?

Cerna kalimatnya, ya?

Laki-laki, maaf banget. Maaf, dengan kamu ngerusak diri sendiri... itu nuntun kamu ke jalan kesukaran yang enggak akan kamu kira selanjutnya. 

Dengan lo ngerusak diri sendiri, itu berarti lo ngilangin semua tanggungjawab yang bisa lo ambil atas kendali di hidup lo, dan... setau gue setiap manusia itu ialah pemimpin bagi dirinya sendiri.

Cewe bisa loh kerja mati-matian, belajar gila-gilaan demi masa depan yang dia impikan, dan lo dengan gampilnya ngerusak tubuh lo hanya demi... ego?

Really?

Kalo gue, ya. Gue bakal milih cowo yang minim banget nyentuh hal-hal yang dilarang agama. Contoh hal yang sederhana kaya ngerokok. Sederhana, 'kan? Tapi gue anti banget sama cowo perokok. Paru-paru lo tuh nangis minta diselametin.

Kedua, gue anti cowo pemabuk. Iya. Soalnya gue enggak ngedrunk. Lo tau ga sih kenapa mabok itu dilarang? Selain dilarang sama agama?

Karena khamr itu ngebuat lo ngehindar dari hal-hal yang enggak bisa lo take secara personal. Kaya nahan otak lo buat berpikir secara bener dan ujug-ujugnya lo gabisa bertanggungjawab atas hal itu. Makanya 'kan di Korea kalo penjahat dalihnya terpengaruh minuman beralkohol jadi masalah yang digedekin banget sama warga disana, karena lo bisa denial kalo lo lagi ngelakuin kejahatan.

Sementara Islam adalah agama yang rasional, maka pengharamannya logis menurut gue.

Ketiga, dia shalat lima waktu apa enggak? 

Dan ini yang krusial banget menurut gue. Gue ga bisa nolerir cowo yang ga sholat lima waktu. Tuhannya aja ditinggalin, apalagi gue?

Shalat itu kaya sekat pembeda yang ngebedain dia sama non-muslim. Padahal, sholat tuh cuma lima menit, njir. Malah bisa kurang dari itu tapi bisa-bisanya dia enggak sholat? 

Cara mengetahuinya pas lagi jalan adalah pas udah masuk jam shalat, kamu enggak usah ngomong apa-apa. Lihat inisiatifnya, ngajakin sholat atau enggak? Kalo bablas terus, ya kamu udah tau dia tipikal orang yang kaya apa. 

Bagi gue, dengan dia ngelakuin apa yang di haramkan oleh agama aja udah salah. Hukum Allah aja dia langgar, apalagi kamu? Bisa-bisa ga dihargain sebagai pasangan.

Baru nih ketiga, ulik pemikirannya tentang dunia. Sekecil apapun. Umumnya, manusia itu punya asumsi dan pemikiran pribadi tentang dunia menurut pandangannya. Dan girls, kalo dari apa yang dia utarakan menurut kamu ada yang enggak pas, selesain aja udah. Hal itu ga bakal selesai sampe kapanpun. Inget, cowo adalah makhluk yang engga bakalan berubah kalo dirinya sendiri gamau berubah. Dan jangan coba-coba ngubah cowo, karena yang nyatanya berubah bisa aja kamu nantinya.

Kamu punya perspektif dunia yang ideal, dia juga. Samakan visinya. Tapi, gimana sih caranya nganalisis pemikiran cowo berdasarkan kalimatnya?

Kalo cowoknya cuek --> Kalo dia terkesan ga interest sama kamu, tinggalin. Tu cowo gaada hasratnya sama dunia.

Kalo cowonya pinter manipulasi kata --> Tela'ah kalimatnya. Kalo terkesan muter-muter dan gaada inti, temuin garis besarnya. Kalo kamu berhasil nemuin garis besarnya, selamat. Kamu pinter. 

Contohnya dengan apa & bagaimana? 

Kalo dari segi perilaku, kalo dia ogah-ogahan berarti dia gamau. Kalo dari segi kalimat 'kan agak susah, ya. Gue kasih contoh.

"Gue mau kita temenan, dan kalo jadi bisa sampe ke pernikahan. Tapi gue belom siap untuk arah sana." --> It's means... dia gamau lu sama orang lain wkwk. Tapi caranya buat lo tarik-ulur. Biar lo dibuat ngerasa "oh ada si ini, nih", a.k.a lo harus ngejaga perasaannya dia selama lo terbang bebas kemana aja. Tapi emangnya dia ngelakuin hal yang sama? Wkwk ngarep.

Skip aja, cowo begitu biasanya ga gentle dan ga kekeh sama keputusannya sendiri. Dia takut yang terbaik bukan lo tapi lo termasuk salah satu yang terbaik di antara pilihan yang dia pilih. Second choice? Yap, bener. Feeling lo ga salah.

Intinya, jangan maklumin cowo dengan apa yang enggak bisa kamu maklumin. Cowo itu makhluk logika, maka, serang dia dengan logika.

Cowo yang bertanggungjawab sama dirinya sendiri itu cenderung bijak dan ga gegabah dalam nentuin keputusan. Dia tau apa yang terbaik buat dirinya sendiri. Dia tau kebutuhan dirinya sendiri. 

Cowo nih, kalo gabisa mimpin dirinya sendiri, gimana mimpin orang lain? Mimpin diri sendiri aja udah gagal, padahal satu orang aja. Kamu pasti setuju dengan kalimat, "Cewe tuh kalo milih suami harus hati-hati, karena suami udah kaya surga neraka buat cewenya."

Ya bener, tapi lagi-lagi, pernyataan ini keluar dari cowo yang egois dan gagal dalam mendidik dirinya sendiri, "Madrasatul 'Ula itu ada di tangan perempuan, makanya pilih perempuan shalihah."

Sama kalimat ini, "Sebandel-bandelnya cowok, tetep mau perempuan yang shalihah buat ngedidik anak-anaknya." Semprul, edan. Ngedidik anak tuh bukan tanggungjawab cewe aja, di rumah tangga tuh semua beban pekerjaan termasuk pekerjaan domestik aja sebenernya tanggung jawab laki-laki.

Masalahnya 'kan cewe shalihah gamau sama dia, ya?

Enggak salah. Bener, tapi madrasah yang baik didukung oleh kepala sekolah yang baik, pula. Kepala sekolahnya buat sekolah, fasilitas terbaik. Nah perempuan ngebuat metodenya. Metodenya itu dikasih ke kepala sekolah buat approval, setuju atau engga? Kalo bisa jalan bersamaan ya jalan. Kalo enggak masa metode sekolahnya doang yang jalan? Jadi cacat sebelah, dong?

Makanya, cari pasangan yang udah selesai sama dirinya sendiri. Kamunya juga udah harus selesai sama diri sendiri.

Cowo itu tugasnya memimpin dan Allah yang bilang sendiri kalo tugasnya ya emang mimpin. Kalo dia enggak bisa mimpin dirinya sendiri, apa yang bisa kamu harepin dari kepemimpinan dia kelak ketika bangun rumah tangga sama kamu? Mimpin orang lain? Yakin bakal sempurna?

Setiap manusia itu pemimpin bagi dirinya sendiri. Wanita juga bisa mimpin, dan dalam hal ini, kepemimpinan wanita jauh lebih bagus ketika dia ngelead diri sendiri. Entah sekacau apapun kamu, tapi wanita selalu bisa ngurus diri sendiri. Entah karena basicnya untuk merawat dan mengurus, tapi kepemimpinan wanita dalam hal ini udah teruji banget. Kita enggak perlu cowok buat ngurus diri sendiri karena kita mampu ngelakuinnya.

Simple, 'kan? Lihat dari kebiasaannya sehari-hari. Dia bertanggungjawab ga sama dirinya? Dia ngerusak diri sendiri, enggak? Dia ngejauh dari hal-hal yang dilarang agama apa enggak? Gimana pola pikirnya? Gimana cara pandangnya terhadap dunia? 

Inget ya, ngejauh dari hal-hal yang dilarang agama bukan berarti dia sholeh, tapi sebagai tolak ukur minimal kalo dia ngehargain keyakinan yang udah dia yakinin selama ini. Dia ngehormatin tuhannya, dia ngehargain apa yang udah tuhannya kasih ke dia. Ngejauh dari hal-hal yang diharamin bukan soal perihal makan babi aja, tapi semua hal yang udah diwahyukan seperti ga minum khamr, ga judi, ga zina, dan ngehargain batasan yang udah kamu buat. Itu aja.

Dan terkait pola pikirnya. Dia orang yang egois, ga? Dia apatis, enggak? Dia minim empati, enggak? Karena pembahasan tentang pandangan terhadap dunia terlalu luas, kamu bisa menanyakan hal-hal yang penting bagi dia. Ajakin aja deeptalk. Lalu, analisis kalimatnya. Kamu bakal nemu dia tipikal orang yang kaya apa, manusia yang kaya gimana? Nanti di masa depan bisa connect ga sama kamu? 

Apa, ya? Pola pikir dia yang sekarang itu bisa ngegambarin gimana masa depannya dia. Agak susah ngejabarinnya, tapi aku selalu bisa ngeproyeksiin itu dari kalimatnya dan gambaran masa depannya dia suatu saat nanti. Emang bias, tapi jelas. 

Cowo itu ga pandai berkata-kata. Akan tetapi, kalau kalimatnya cenderung bias, ada yang aneh itu aja wkwk. Dan, karena aku tipe orang yang selalu merencanakan sesuatu, aku enggak bisa connect sama tipikal cowo-cowo yang dengan entengnya ngomong, "Jalanin aja dulu, pasti ada jalannya." Enggak bisa, berarti dia tipikal orang pasrahan yang nyerah duluan sebelum usaha. 

Cowo yang keren menurutku adalah cowo yang udah tau dia bakal bertindak kaya apa. Walaupun sebatas rencana dan angan-angan, seenggaknya aku tau planning hidup dia ga bakalan semengalir itu kaya air. Dia masih usaha, dia masih mengusahakan sesuatu berjalan di dalam kontrolnya dia dan dia dalam perjalanan mewujudkan impiannya itu. 

Dia adalah laki-laki yang memiliki tujuan. Dan kamu tau gak? Kalo Rasulullah pun seorang yang visioner?

Karena seorang yang visioner itulah Rasulullah selalu punya rencana dakwah yang brilian. Rencana dakwah yang membuat kita bisa merasakan nikmat Islam sampai hari ini. Rasulullah bukan manusia tanpa tujuan. Seluruh hidupnya adalah tujuan itu sendiri.

Dah sampe sini aja, akan berlanjut ke postingan #2, see ya!

Comments

Popular Posts